Kamis, 22 Juli 2010

Gunung Dua Sudara



Gunung induk dua sudara memiliki ketinggian 1455 mdpl. Kami memulai perjalanan dari desa dua sudara setelah melapor ke kepala lingkungan setempat dan kami pun start pukul 8 pagi. Tapi disaat perjalanan hendak mendaki kaki gunung, kami di cegah oileh bapak FRANS PORAWOW yang mengaku sebagai ketua konservasi setempat dan mengatakan kepada kami bahwa harus menyewa guide dengan tarif 100.000/ hari. Kmipun mengurungkan niat kami untuk melakukan pendakian melalui jalur desa dua sudara. Kami pun mencoba melakukan pe
Perlu diingat bagi yang ingin mencoba gunung ini, persiapkanlah alat navigasi kompas, peta, parang, dll karena gunung tidak memiliki jalur pendakian yang tetap sehingga bagi para pendaki harus membuat jalur sendiri dengan mengandalkan bantuan kompas.
Saat memulai pendakian saya beserta seorang teman saya (Rifain Lontoh, KPA Bunglon) mengunci titik kompas terhadap puncak di titik T-10 derajat-Tenggara. Perlu diingat bahwa gunung ini tidak mempunyai Sumber air, jadi persipakanlah persediaan air anda. Pendakian gunung inin sangat berat karena kami harus membuat jalur dengan beban berat dan struktur tanah yang sangat labil.
Dalam perjalanan anda akan memasuki hutan lumut yang menandakan anda sudah dekat puncak. Di puncak anda akan menemukan tempat bivak bekas latihan TNI AD. Hati saya sangat senang saat saya melewati bekas string dan ketika saya melihat di kejauhan, tampak bendera merah milik TNI AD. Sangat senang rasanya karna saya pikir kami akan kemalaman di jalan. Saya langsung memanggil teman saya yang tertinggal di belakang karena sedang memasang string dan mengatakan bahwa kita sudah sampai di puncak tepat pukul 16.45.
Dan yang membuat saya bangga adalah bahwa di bawah pohon yang diikatkan bendera, terikat juga sendal jepit yang bertuliskan nama organisasi kami, MAPALA UNKLAB yang diikatkan oleh anggota kami Esrom Rentandatu, Rio Waani, dan Christel pada pendakian tahun 2009 yang lalu.
Jika anda sudah selesai mendirikan tenda, disarankan jangan terlalu banyak membuka pintu tenda karena banyak sekali serangga yang akan masuk.

Kiranya Laporan perjalanan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. SALAM LESTARI....



Rabu, 7 juli 2010

MAPALA UNKLAB
MPA.UK.IV.10.25
Data Gunung:
  • Memiliki Ketinggian 1455 mdpl
  • Sesuai namanya, maka gunung ini memiliki 2 puncak: puncak induk dan puncak anak.
  • Area kaki gunung adalah area perkebunan warga dengan komoditinya: Jagung, Ubi, Kelapa, Pisang, dll
  • Letak Geografis: timur : anak gunung 2 sudara
selatan: Kota Bitung
barat : desa 2 sudara
utara : hutan konservasi tangkoko/ batuangus, desa batuputih.

Flora:
  • Kaki gunung banyak tumbuhan perkebunan seperti yang di sebutkan di atas.
  • Hutan sangat rimba dan terdiri dari banyak jenis tumbuhan antara lain: rotan, beringin, jati, hutan lumut, pandan hutan, ilalang.

Fauna:
  • Unggas seperti weris, manguni, burung taon, maleo.
  • Serangga seperti nyamuk, belalang, kumbang
  • Reptillia seperti ular, tokek, kadal, iguana
  • Mamalia seperti babi hutan, tikus hutan, monyet, kuskus, tarsius.



cat:-semua yang ada di lindungi oleh pemerintah
- Sebagian data berdasarkan wawancara
desa.






3 komentar: